make your own happiness!

Minggu, 22 Maret 2020

Is it okay to feel stupid?

02.19 Posted by amaliasals No comments


siapa yang suka minder? akuuu! siapa yang suka merasa jauuuhh tertinggal dari orang-orang? aku! aku! siapa yang selalu insecure? tentu saja aku!!!

jadi waktu itu hari kamis, malam jumat, tepatnya pukul 19.30 ada rapat di salah satu kosan temen aku. rapatnya soal evaluasi program kerja dan pergerakan departemen kami. dan kabem aku yang sekarang tuh bagus banget metodenya. dia pakai metode canvas gitu deh, aku ga ngerti. pokonya, kita diminta tulis dulu masalah-masalah dari proker A ini (misalnya) nah terus nanti dibahas satu-satu gitu deh pokonya. susah banget jelasinnya.
intinya, di situ aku minder banget karena jujur aja saat sebelumnya jadi staff muda, aku gak begitu aktif. beberapa proker dan pergerakan gak aku ikuti karena satu dan lain hal. terus aku nyeletuk kan ya, "eh, sumpah deh aku ngerasa bego banget. boleh nggak aku gak usah ikut?"
terus komar, kabem yang sebelumnya udah disinggung, ngomong, "ih, nggak apa-apa, mel. malah aku waktu itu bilang ke kamu ya, tuy (nama temenku) kalau kita tuh harus ngerasa bodoh, ngga tau apa-apa biar kita bisa mencari tau."
waaah, emang sih ya mantap banget. terus di situ aku langsung tersadar: LAH, IYA JUGA, YA?

iya banget, guys. kalau kita mau tau lebiiiih banyak itu seharusnya kita memposisikan diri kita sebagai tong yang kosong. tapi, jangan kosong-kosong banget, ya. harus ada filternya juga haha. kan kalau kita merasa gak tau soal ini nih, kita bakal mencari itu. kalau dipikiran kita udah merasa tau, jatuhnya apa? ya kita ga berusaha jauh dan ilmu yang kita dapatpun gak akan luas banget.

dapet kan poinnya apa? aku emang suka ngebingungin orangnya:(

oh yaa, aku juga mau cerita soal pengalaman aku. waktu itu semester 3, ada mata kuliah akuntansi. buset, mati deh, pikir aku. waktu SMA dulu, jurusanku IPA. sama sekali gak pernah belajar akuntansi! terus, waktu di kelas, pertemuan pertama, ternyata dosennya tuh super duper cepet kayak jalan tol. jadi beliau menjelaskan satu materi A, langsung beliau bilang, "Nah, udah ngerti, kan? Gampang banget ini." lalu lanjut lah latihan soal. mampussss aku panik setengah mati.
materinya soal kelompok asset, liabilitas, dan ekuitas. iya, masih dasar banget! pertanyaannya juga gampang (kata aku sekarang) contohnya tuh "peralatan termasuk kedalam..."
nah, tapi kan masalahnya aku belum pernah belajar. malamnya juga aku ga belajar dan dijelasin dengan sangat singkat lalu langsung soal itu malah ngebuat perut aku mendadak mules! tapi anehnya, temen-temen aku bisa jawab dengan lancar.
"aset, pak."
"liabilitas."
"asset."
jadi sistemnya tuh satu orang jawab satu pertanyaan dalam buku gitu. dimulai dari bangku jajaran pertama... terus aku mau mati aja rasanya karna aku di jajaran kedua.
dan bener aja, pas bagian aku, aku jawabnya salah!
"salah, dong. harusnya liabilitas," kata dosen. aku malu setengah mati karena ini tuh materi dasar banget. mel, mel, dudul banget lu.
karena itu, aku bertekad buat belajar akuntansi lebih giat. setiap ada tugas, aku bener-bener kerjain sendiri, berusaha sebisa mungkin ngerjain. sampai malam sebelum mata kuliahnya aku review dulu pelajaran yang kemarin dan yang akan dibahas. terus gitu sampai bahkan aku main ke kosan temen aku yang anak jurusan akuntansi, khusus buat belajar akuntansi!
inget banget, malem-malem ke kosan winda buat belajar dan nanya-nanya soal akuntansi. itu juga karena bakal ada kuis sih, hehe.
terus pas saat waktunya kuis, gila.... bentar-bentar, ini mah susah banget! bukan yang kayak aku pelajari sebelumnya. aku pusing. yah, dikira aku udah berusaha maksimal banget.
tapi, justru setelah kuis itu aku tau kekurangan aku dimana, kelemahan aku apa. aku jadi makin giat belajar akuntansi. cari soal di google, coba selesain sendiri. pokonya sampai mendekati uts aku optimis banget menghadapi akuntansi sialan ini.

waktu uts, aku kerjain dengan sungguh-sungguh. sumpah, deh. sampai selama mengerjakan terus-terusan baca doa haha. dan ajaibnya, aku bisa ngerjain itu dengan lancar! meski awalnya gak balance, akhirnya balance juga! yuhuuu!
aku keluar lebih awal. biasanya setiap ulangan aku selalu jadi orang-orang yang terakhir keluarnya karena aku sih suka sayang gitu kalau waktu ulangan dibuang sia-sia dengan keluar lebih dulu:( ya ga, sih? oke, pokonya anehnya waktu akuntansi aku dengan percaya dirinya ngumpulin meskipun masih ada sisa waktu 20 menitan lagi. aku percaya diri banget.
waktu minggu selanjutnya, pertemuan setelah uts, bapak dosen bilang cuman ada dua orang yang dapet 100 di akuntansi. sisanya 70 ke bawah. aku dalam hati langsung, wah gila??? semoga aja itu aku karena aku udah kerja susah payah banget huhu. terus bapak dosen ngumumin...
"Amalia Salsabila dan Isfahany."
WAAAAHH!!! Aku seneng banget!

awalnya aku ngerasa jadi manusia yang paling bodoh di antara temen-temen aku karna setiap pertemuan akuntansi aku selalu aja lemot, ga ngerti, salah. tapi, karena rasa "bodoh" itulah aku jadi belajar dengan giat dan ternyata hasilnya memang memuaskan. aku bersyukur banget, alhamdulillah.

jadi poinnya, emang bener, kita sebagai manusia, apalagi pelajar, seharusnya merasa "bodoh" biar terus berusaha keras untuk menjadi pintar (mencari ilmu). nggak apa-apa kok, merasa bodoh! yang salah itu saat kita memang merasa bodoh tapi kita nggak mau mengubahnya. Inget apa kata Imam Syafi'i:

"Jika kamu tidak dapat menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan." 

semoga kita semua dijauhkan dari rasa lelah dan malas, ya! cheers!

0 komentar:

Posting Komentar