make your own happiness!

Senin, 27 April 2020

An Appreciation Post for Myself: My Writing Draft

23.44 Posted by amaliasals No comments


Aku suka banget menulis. Sejak kecil, aku punya beberapa buku catatan yang dipenuhi oleh tulisan tangan jelekku. Tulisannya soal apa aja, apapun yang aku mau. Ada tulisan cerpen, beberapa tulisan awal bab yang nggak pernah ada akhirnya, khayalanku soal idola-yang-diharapkan-jadi-pacar-olehku, tulisan-tulisan menggunakan bahasa yang nggak baik mengingat aku menulisnya saat kesal, ah apapun deh. Kata-kata suka menari di dalam kepalaku dan duniaku itu nggak seindah dunia fiksi, jadi untuk menjaga agar aku tetap waras, aku menulis.

Nggak, nggak, nggak. Aku nggak ingin jadi penulis. Atau ingin, sedikit. Atau, memang pernah ingin sekali waktu beberapa tahun lalu. Tapi akhir-akhir ini aku pesimis. Keinginan jadi penulis tentu masih ada dalam diri aku, cuman nggak sebesar sebelumnya. Aku nggak mau menekan diri aku karena hal itu, sih. Aku memang suka mengkhayal adegan-adegan dalam pikiranku, aku juga memang suka menulisnya. Tapi, seperti yang aku katakan sebelumnya, tulisannya hanya beberapa awal bab aja. Aku sering banget berhenti di tengah-tengah bagian dengan kalimat yang menggantung. Kadang-kadang itu buat aku kesal. Aku sering ngedumel, “Oke, Amel, sebenernya kamu mau ngomong apa!?”




Kalau yang itu masih sedikit oke. Beda lagi sama yang ini:



Efek mata apa? matahari? mata batin? atau mata mata, mata kamu?




Astaga. Menunggu dengan apa? Sabar? Seekor anjing lucu? Menunggu dengan menghitung ada berapa banyak biri-biri yang melintas di pikirannya?

Nah, nah. Jadi aku memang benar-benar pandai membuat diriku sendiri kesal.

Banyak banget draft di laptop aku. Andai aja komputer jadul aku masih ada, jumlahnya pasti lebih banyak. Rupanya penyakit ini sudah aku idap sedari kecil, sewaktu SD. Aku inget banget pernah nulis sesuatu tentang dunia sayuran yang menurutku dulu keren banget tapi sekarang, oke, apa maksudnya? Dan, tentu saja cuman bab awal doang. Oke, kita lihat ada berapa tulisan-tulisanku yang ngasal di laptop ini.




Oh, wow. 267 files. I’m not even surprised. Maksud aku, aku kan tadi bilang kalo aku suka nulis ngasal dan nggak dilanjutin gitu aja??? Ya. Ini maksudnya. Oh, iya, haha. Nama folder-nya buat aku ketawa. Seharusnya bukan writing til my fingers hurt tapi, writing what I want til I get bored and too lazy to finish them so I just ignore them. Oh, well, baru sadar juga. Grammar-nya salah, ya ga sih? 
Mungkin harusnya writing til my fingers feel atau are hurt. Ya, terserah lah. Fuck grammar.
Tapi sebenarnya folder nulis aku itu ga sepenuhnya aku bener-bener nulis. Aku suka banget ganti bagian dalam suatu cerita aku yang aku nggak suka dan simpan dengan file yang berbeda. Jadi sebenernya 267 files itu pasti bukan sepenuhnya cerita-cerita yang berbeda. Ayo kita lihat ada apa aja di dalam folder sososan aku itu!




Hahaha. Dari semua folder yang ada dengan masing-masing ide cerita yang gila, cuman satu cerita yang bener-bener aku selesaikan yaitu Accidentally Twins. Alasannya juga nggak keren sama sekali. Alasannya karena itu adalah project TA Seni aku saat SMA. Iya, payah banget. Karena tekanan deadline dan taruhan kelulusan yang ada, aku dengan semangat dan (terkadang) terpaksa menyelesaikan buku itu. Padahal itu pilihan aku buat bikin produk buku tapi aku masih aja merasa terpaksa. Memang dasar banget ya aku ini.

Jadi, sebenernya Accidentally Twins juga yang jadi alasan kenapa aku buat post ini. Setelah dengan susah payah menyelesaikan cerita fantasi yang masih mengawang-ngawang itu, aku langsung cetak dan kumpulin ke guru seni aku. Aku sadar banget karya itu payah dan aku nggak mau lagi baca-baca karya itu. Dan emang bener, sampai 2 tahun sama aku nggak pernah tuh lirik-lirik lagi apalagi dibaca ulang.

Sampai pada akhirnya, beberapa hari yang lalu, karena masa karantina yang panjang dan membosankan, aku iseng-isen keluarin buku itu dari rak. Aku baca blurb di belakang sampul. Nggak seperti yang aku duga (aku menduganya aku bakal mual, muntah, alergi, dan langsung balikin bukunya ke rak dan bersumpah nggak akan buka-buka lagi), aku malah menikmati itu. Aku pikir, “Haha! Lumayan juga, nih aku. Gimana sih ceritanya? Jadi penasaran. Baca ah.”

Jadi, di situlah aku, tenggelam dengan buku yang aku tulis sendiri sebanyak 200 halaman. Memang nggak banyak, tapi waktu dulu itu rasanya pekerjaan budak banget. Waktu baca halaman-halaman awal, aku geli sendiri tapi di saat yang bersamaan juga kagum sama 17 tahun aku itu. Wow, bisa juga lu, Mel. Sampai pada akhirnya aku menyelesaikan seluruh bukunya!

Pendapatku tentang aku sendiri? (haha aneh juga). Ternyata aku nggak payah-payah amat. Dulu aku sampai bersumpah nggak akan buka buku itu dan nggak mau orang lain baca bahkan satu kalimat dari buku aku. Tapi sekarang, setelah didiamkan hingga 2 tahun dan aku rasa mungkin itu buat pikiran aku lebih dewasa (ea) dan lebih menerima diri aku, ternyata kenyataan itu nggak seburuh kelihatannya.

Aku suka banget sama diri aku yang optimis dan bisa menyelesaikan buku ini. Meskipun memang jujur aja, beberapa bagian ada yang terasa masih kosong alias belum rampung alias “kamu ngomong apa, sih, Mel!?” Ditambah lagi perkembangan karakternya belum terlalu kerasa. Ya, kira-kira begitu. Tapi oke juga, kok. Haha percaya diri banget.

Ya, sesuai judul juga “An Appreciation Post for Myself” aku memang mendedikasikan post kali ini sebagai apresiasi teradap aku versi 17 tahun waktu dulu. You did so well! You finished it! Dan aku sangat bangga banget sama diri aku.

Karena buku itu juga yang buat aku berani lihatin draft aku di laptop ini. Sebelumnya aku belum pernah loh memperlihatkannya kesiapapun haha. Tapi karena di sini juga jarang ada yang baca bacotan aku, kayaknya sama aja wkwkwk.

Ayo, kita take a closer look to what I’ve wrote!




Kalo ini, baru-baru aku buat. Jadi biasanya dulu aku suka tulis di binder aku kalo soal ide-ide blog. Tapi sekarang aku coba buat folder-nya langsung di laptop haha. Biar mudah juga nanti publish ke sininya.




Sebelum nulis Accidentally Twins, aku berniat nulis ini buat TA aku. Tapi ternyata di tengah jalan aku ngerasa nulis romance itu bukan keahlianku huhu (meskipun fantasi juga bukan keahlianku). Pokoknya aku ngerasa jadi cringe bangetL yaudah deh nggak dilanjut. Padahal udah ada lebih dari 10.000 kata kali ya wkwk. Memang bener-bener otak malasku ini.

Oh, oh, omong-omong soal romance, aku emang bukan ahlinya nulis soal begituan. Tapi, aku suka nulis imajinasi aku bersama crush (HAHA!). Biasanya kalau aku lagi mengagumi orang, aku buat skenario-skenario lucu yang pemerannya adalah aku dan crushL huhu so cringe tapi itu emang buat konsumsi pribadi dan hiburan pribadi wkwk. Let me give you some teasers.




HAHAHAHA. Cringe, cringe, cringe. Ini waktu masih jadi mahasiswa baru. Kesemsem sama ketua himpunan sebelah. Memang bener-bener. Ya ampun, ya ampun ini aku berani banget publish di sini!?!?!?!!! hahaha. Bodo amat, lah.




HAHAHA ini sih GILA BANGET! Jadi aku mimpi aku punya pacar namanya Eja. Gatau siapa itu Eja, mukanya kayak gimana (di mimpi gak sempet lihat huhu), dan ya… siapa, sih, dia itu!? Tiba-tiba mimpiin cowok yang namanya Eja ih aneh bangetL tapi di mimpi seru banget dan buat aku seneng banget karena ternyata aku punya pacar! Hore! Dan Eja baik banget soalnya dia jauh-jauh dari Jatinangor mampir ke Ciwaruga buat ngejemput aku (di mimpinya begitu. Memang absurd☹️) Ya… intinya si Eja ini kayaknya boyfriend-able banget. Saking inginnya aku mimpi Eja lagi, aku buat tulisan deh tentang dia. Hahahahahaha.

Ya ampun kayaknya suatu hari aku bakal menyesal post kayak beginian☹️ Apakah aku nyeremin banget karena buat cerita-cerita khayalan tentang crush aku? Ya, ya, ya. Yaudah lah, ini dark side aku☹️ 

AYOOO kita lihat Accidentally Twins yang membuat aku percaya diri banget buat post beginian lol.





Ini jamannya bucin karya John Green sampai-sampai si Colin ini ambil bagian. wkwk.




Hahahaha ini dia saat keajaiban dimulai.




Dulu tergila-gila banget sama ide gadis-dalam-batinku sampai-sampai ada banyak bagian soal itu. Salah satunya ini.




Ea. Bener kan cringe banget kalau udah ada bumbu-bumbu (wkwk) cintanya!? Yep. yep. yep. Terserah Alfan aja, lah☹️

Aku rasa udah cukup aku mempermalukan diri aku sendiri hahaha. Semoga ini jadi awal yang bagus buat aku mulai berani publish tulisan aku di platform apapun alias jangan di Tumblr doang yang nggak satupun orang ketahui haha☹️ bye!

0 komentar:

Posting Komentar