make your own happiness!

Selasa, 09 Mei 2017

Rekomendasi Novel Detektif

07.36 Posted by amaliasals , , No comments


Halo! Karena kemarin aku udah kasih rekomendasi novel fantasi, kali ini aku mau kasih rekomendasi novel detektif. Sebenernya ini bukan aku banget (tbh, aku baru pertama kali baca novel detektif bulan kemarin wkwk). Jadi, ada beberapa alasan kenapa aku mulai baca novel detektif yaitu karena ade aku dengan sangat sosoan beli buku detektif dan saat dia baca katanya nggak ngerti, jujur aja terpaksa aku baca karena mubazir banget pikir aku, dan juga karena ada temenku yang nanya saran tentang novel detektif, jadi aja. Jujur sih awalnya aku nggak terlalu tertarik tapi setelah baca lebih banyak aku jadi jatuh hati(?) Yah, amel jomblo sih, yaudah deh.

1.       A Monstrous Regiment of Women
Hasil gambar untuk buku A Monstrous Regiment of WomanIni dia yang aku ceritakan di awal. Tentang buku yang ade aku beli. Dan memang bener sih sebenernya, bahasa buku ini agak berat. Jadi, buku ini menceritakan tentang Merry Russel dan tokoh detektif ternama, Sherlock Holmes. Dalam karya milik Laurie ini, ia sengaja mengangkat detektif Sherlock Holmes dan berusaha memperlihatkan sisi kehidupan cinta sang detektif yang sebelumnya tidak dibahas oleh pengarang original tokoh fiktif mendunia ini sendiri yaitu Sir Arthur Conan Doyle. Sayangnya, Sherlock yang memiliki hati keras berprinsip untuk tidak mengikat hubungan ke arah yang lebih serius meskipun keduanya terlihat sering bersama. Meskipun begitu, mereka berdua bersama-sama memecahkan misteri yang terjadi di sekitar mereka. Berawal dari pertemuan Marry dengan teman lamanya yang menuntun ia mengikuti sebuah perkumpulan agama yang kelihatan ganjil dilihat dari segi kepemimpinan seorang wanita dengan latarbelakang sederhana, Margery Childe. Hal itu menimbulkan kecurigaan Marry dengan segala masalah yang kemudian terjadi seperti pembunuhan anggota, hilangnya anggota, dan lainnya. Meski dalam novel ini Sherlock Holmes jarang terlihat muncul, tetapi sosoknya lah yang sangat membantu pencarian kebenaran Marry Russel dalam kasusnya yang ganjil. Menurutku novel ini cukup menarik, tetapi sayangnya alur yang diberikan terbelit-belit sehingga kesan yang ditimbulkan bosannya si pembaca. Tetapi novel ini direkomendasikan untuk kamu pecinta novel misteri!

2.       Sherlock Holmes
Hasil gambar untuk buku sherlock holmesSeperti yang sudah disinggung sebelumnya, Sherlock Holmes merupakan detektif yang mendunia. Nggak lengkap rasanya kalau kita nggak membicarakan tentang detektif satu ini. Aku yakin kalian semua udah nggak asing lagi. Dan tentunya, cerita Sherlock Holmes salah satu cerita yang wajib kalian baca. Sejujurnya, aku baru baca dan terkejut juga ternyata Sherlock Holmes bukan novel ya? (anaknya kudet emang). Karena pada awalnya cerita Sherlock Holmes itu diterbitkan di majalah dan pada akhirnya dibukukan, sehingga buku ini merupakan kumpulan cerita Sherlock Holmes dalam mengungkapkan setiap kasusnya. Jujur aja aku jatuh hati sama tokoh fiktif yang luar biasa cerdas ini dan aku nggak habis pikir, ada ya orang secermat dan sepintar dia?! Sherlock Holmes itu melihat apa yang nggak kita lihat, mendengar apa yang nggak kita dengar, dan menemukan setiap hal kecil yang biasa kita abaikan menjadi kunci besar dalam permasalahan kasusnya. Sherlock juga memiliki ilmu yang tinggi dan sangat berdasarkan fakta yang aktual. Sir Arthur Conan Doyle memang sangat luar biasa menciptakan tokoh detektif yang dielu-elukan banyak orang di dunia. Yah, intinya cerita Sherlock Holmes termasuk ke dalam buku yang harus dibaca sebelum kalian meninggalkan dunia ini (berlebihan yha).

3.       Monsieur Lecoq
Hasil gambar untuk buku monsieur lecoqApa kalian tahu siapa yang menginspirasi lahirnya tokoh detektif Sherlock Holmes? Yap, Lecoq, seorang polisi yang berpikir kritis. Lecoq merupakan polisi muda yang latar belakang hidupnya sebenarnya tidak cukup beruntung. Ia berjuang untuk masuk kepolisian dan saat ia akhirnya diterima, ia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Terlebih lagi ketika para polisi menemukan kejadian ganjil kejahatan di salah satu tempat terpencil di Perancis. Dengan keuletannya, Lecoq berusaha mengemukakan segala bukti yang mengarahkan kasus ini ke cerita sebenarnya, meski kepala kepolisian tidak mempercayai apa yang dikatakan Lecoq dan sudah menarik kesimpulannya dengan mudah. Meskipun begitu, Lecoq tidak menyerah dan berusaha sekuat tenaga dan pikirannya apa yang ia bisa lakukan. Faktanya, aku baca novel ini nggak bisa berhenti, serius deh. Ceritanya membuat kita berpikir dan bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi berikutnya, kata demi kata, paragraf demi paragraf, lembar demi lembar. Dan sejauh ini novel detektif kesukaanku ya buku ini. Baca ya!

Kayanya segitu dulu ya. Karena aku baru baca sedikit novel detektif, ya gitu deh. Kalau komik sih, aku sarankan baca detektif Conan atau detektif Loca. Kalian juga bisa nonton anime Jepang, Death Note (yaampun ini seru banget! Aku sayang Light). Mungkin kalian yang punya saran novel detektif yang seru dan menantang boleh cerita ke aku ya hehe. Sampai jumpa lagi!

0 komentar:

Posting Komentar